Komponen Parabola - trikelektonika

Breaking

welcome


Kamis, 08 Maret 2018

Komponen Parabola

Komponen Parabola


Televisi merupkan hiburan yang umum di saksikan atau di tonton  setiap hari . tetapi tidak semua televisi dapat menangkap siaran gambar dengan jernih hal ini di sebabkan karena televisi sendiri memerlukan komponen pendukung penerima siaran seperti antena , kebanyakan antena tv yang di gunakan adalah antena jenis parabola , selain kualitas gambar yang bagus banyak pilihan chanel siaranya serta dapat menangkap siaran di daerah daerah pelosok yang sulit  menankap siaran antena UHF. 

Untuk dapat menerima siaran tentunya parabola harus di rakit atau di hubungkan  dan di arahkan ke satelit yang di tuju hal itu tidak terlepas dari keahlian  teknisi parabola. bagi teman-teman semua yang ingin sama sama belajar tentang parabola yok ?.....bisa memulai dari pemahaman nama komponen dan fungsinya . Parabola memiliki beberapa komponen yang  terdiri dari .

1. disk parabola

fungsi dari disk parabola yaitu untuk untuk menangkap dan mengfokuskan sinyal yang di pancarkan oleh satelit kemudian di pantulkan ke  LNB untuk lebih jelasnya dapat di baca di artikel sebelumnya tentang disk  parabola


ring /bracket 


sebagai Alat yang di gunakan untuk dudukan lnb atau bisa juga di gunakan untuk  menggabungkan beberapa lnb 

2. Lnb (low noise block)
lnb adalah komponen penerima sinyal dari satelit yang telah di fokuskan dan dipantulkan oleh sebuah antena parabola. LNB berada di tengah parabola dan di tempatkan pada sebuah tiang (tiang focus) dan diletakkan pada sebuah dudukan (ring LNB). LNB sendiri ada beberapa jenis diantaranya lnb                       
           model C BAND




             model  KU BAND






                model S BAND





3. Switch
fungsi utama switch yaitu menggabungkan beberapa LNB untuk di teruskan ke receiver melaui kabel.


4. kabel antena


fungsi dari kabel ini untuk menghubungkan beberapa komponen antena parabola hinga sampai ke receiver 

5. receiver 


receiver adalah suatu alat yang digunakan untuk mengkonversi sinyal satelite yang diterima oleh LNB sehingga bisa menampilkan gambar dan suara jika dihubungkan dengan televisi.


6. kabel Rca/HDMI





Penghubung dari receiver parabola ke Televisi .


sedikit dan singkat penjelasan ini semoga dapat bermanfaat  























Tidak ada komentar:

Pages